PERATURAN PENGURUS

ORGANISASI SCOOTER PONTIANAK

Scooter Mania Club Kalimantan Barat

SMACK – MC

PERATURAN PENGURUS

Scooter Mania Club Kalimantan Barat

Nomor :  001/ KEP . PENG / SMACK – MC / 1 / 2010

TENTANG

PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA ANGGOTA DAN PENGURUS SCOOTER MANIA CLUB KALIMANTAN BARAT

MENIMBANG :

Bahwa untuk meningkatkan solidaritas para Smacker’s maka dapat dilakukan syistem yang baik dan perlu diadakan pembinaan terhadap para Smacker’s dalam melaksanakn tugas dan kewajiban sejara profesional, taat hukum, demokrasi, kritis dan bermoral tinggi, juga demi meningkatkan ketenangan, keselamatan kerja, menjamin tentang adanya kepastian dalam syimtem pelaksanaan tugas, agar dapat dipertanggung jawabkan yang sesuai dengan perubahan struktur keorganisasian dan data tertibnya, maka dari itu demi menunjang kelancaran peleksanaan tersebut perlu dibuatkan suatu ketetapan peraturan untuk para Smacker’s dan para pengurus Scooter Mania club Kalimantan Barat.

MENGINGAT :

Perlu ditetapkan tata tertib, perubahan  Anggaran Dasar, dan Anggaran Rumah Tangga untuk kepentingan Organisasi Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC)

DITETAPKAN :

Peraturan Pengurus Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC) tentang peraturan Smacker’s dan pengurus Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC).

BAB I

Nama Tempat dan Waktu

Pasal 1

N a m a

Perkumpulan/Organisasi ini diberi nama ” Scooter Mania Club Kalimantan Barat atau yang disingkat menjadi (SMACK-MC)

Pasal 2

Perkumpulan/Organisasi Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC) ini bertempat di Pontianak atau di Kalimantan Barat.

Pasal 3

W a k t u

Perkumpulan/Organisasi Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC) ini dibentuk pada tanggal 1 April 2010 sampai dengan batas waktu yang ditentukan.

BAB II

Azas, Maksud dan Tujuan

Pasal 4

A z a s

Organisasi Scooter Mania Club Kaliamantan Barat (SMACK-MC) berazaskan kepada Pancasila dan Undang-Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pasal 5

M a k s u d

Pertama :

Sebagai salah satu tempat untuk menyatukan para penghobi Otomotif, seperti kendaraan roda dua pada umumnya dan Scooter/Vespa Khususnya secara menyeluruh.

Kedua :

Mencari peluang-peluang kerjasama bagi unsur-unsur Pemerintah, Club-Club Otomotif, Masyarakat, Ormas dan sesama Smacker’s iti sendiri juga untuk mengadakan suatu aturan ukuran Hukum yang jelas.

Ketiga :

Menjadikan Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC) sebagai salah satu bagian dari club-club Scooter di Kalimantan Barat.

Pasal 6

T u j u a n

Pertama :

Menumbuh kembangkan kreatifitas positif sebagai akibat dari kelompok itu sendiri dan demi mencapai kesejahteraan para Smacker’s melalui kegiatan kerja.

Kedua :

Menjadikan setiap Smacker’s sebagai cerminan yang dapat menghargai aturan-aturan Hukum yang berlaku.

Ketiga :

Menciptakan suatu kondusif terhadap beberapa aspek, diantaranya aspek Hukum, Sosial Budaya, Agama, Ras dan lain sebagainya untuk saling terkait.

Keempat :

Menciptakan ketertiban dalam berlalulintas dan menjalankan ketertiban aturan-aturan Hukum yang berlaku.

BAB III

Pasal 7

Keanggotaan dan Pengurus Keanggotaan

Pertama :

Smacker’r adalah mereka yang telah terdaftar menjadi anggota yang sah di Oganisasi Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC), pada tanggal yang ditentukan.

Kedua :

Bagi anggota baru yang sedang didalam proses orientasi keanggotaan atau mereka yang sedang pengajuan permohonnanya.

Pasal 8

Status Keanggotaan

Anggota Sah :

Adalah mereka yang telah terdaftar menjadi anggota yang sah di Organisasi SMACK-MC (Scooter Mania Club Kalimantan Barat).

Anggota sementara :

Adalah mereka yang masih dalam proses orientasi keorganisasian Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC).

Angoota Kehormatan :

Adalah mereka yang berpartisipasi atau bersimpati dan yang mendukung kegiatan Scooet Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC).

Pasal 9

Kewajiban dan Hak Anggota

Kewajiban dan Hak-hak Anggota diatur, ditetapkan dalam Anggaran Rumah Tangga Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC).

Pasal 10

Pengurus

Pengurus adalah mereka yang dipilih dan ditetapkan didalan rapat anggota dan merupakan kesepakatan bersama seluruh anggota untuk membentuk suatu stuktur yang bertugas menjalankan roda keorganisasian yang terdiri dari:

Pembina :

Mereka yang dikhususkan atau dari mantan ketua priode sebelumnya.

Penasehat :

Mereka yang dipilih langsung diantaranya, pemuka Masyarakat, pemuka Agama, atau mantan ketua periode sebelumnya.

Ketiga :

Mereka yang ditetapkan langsung didalam rapat anggota dan dipilih oleh seluruh anggota dan wajib berasal dari anggota Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC),

Wakil Ketua   : Sda

Sekretaris       : Sda

Bendahara     : Sda

Seksi-seksi      : Sda

Pasal 11

wewenang dan Tanggungjawab Pengurus

Kewajiban dan Hak Anggota

Pertama :

Apabila diantara personil pengurus berhalangan dalam menjalanka tugas, maka untuk yang bersangkutan dapat diganti melalui rapat pengurus.

Kedua :

Pengurus, Ketua berwenang mengatur, baik dalam maupun diluar Organisasi Scooter Mania Club Kaliamantan Barat (SMACK-MC), dan dapat mengelurkan ketentuan-ketentuan untuk kelancaran tugasnya, sepanjang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan wajib untuk mempertanggungjawabkanya.

Pasal 12

Masa Kepengurusan

Masa kepengurusan ditetapkan selama dua tahun sekali setiap periodenya dan tiap pengantian pengurus ditetapkan dalam rapat Anggota, pengurus yang lama dapat dipilih kembali melaui rapat Anggota.

Pasal 13

R a p a t

Pertama :

Pengurus sekurang-kurangnya tiga bulan sekali mengadakan rapat Anggota guna membahas setiap kegiatan dimasa lalu dan yang akan datang.

Kedua :

Rapat pengurus dapat dilakukan setiap waktu atas permintaan ketua

Ketiga :

Rapat dinyatakan SAH apabila dihadiri oleh 30% dari jumlah keseluruhan anggota dengan satu catatan seluruh anggota telah diberikan informasi mengenai pertemuan rapat yang dimaksud.

Keempat :

Keputusan dinyatakan SAH apabila perolehan suara mencapai 50% dari jumlah keseluruhan peserta rapat yang hadir.

Kelima :

Bagi anggota yang tidak dapat menghadiri rapat atau yang berhalangan hadir diwajibkan memberikan informasi paling telat sebelum rapat dimulai dan untuk mereka yang tidak hadir dianggap telah menyetujui hasil keputusan rapat dengan mencari informasi lanjutan setelah rapat usai kepada sesama Smacker’s atau langsung kepengurus.

Keenam :

Bila perolehan suara sama, maka diserahkan kepada ketua untuk memutuskanya.

BAB IV

Keuangan

Pasal 14

Penerimaan Keuangan

Keuangan Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC) dapat diperoleh dari :

Satu :

Uang pendaftaran Anggota yang dibayar sekali selama yang bersangkutan menjadi anggota dan besarnya ditetapkan didalam Anggaran Rumah Tangga SMACK-MC

Dua :

Uang iuran wajib yang dipungut setiap bulanya dari para anggota yang besarnya ditetapkan didalam Anggaran Rumah Tangga SMACK-MC.

Tiga :

Sumbangan sukarela dari anggota yang besarnya tidak ditetapkan.

Empat :

Sumbangan dari para dermawan atau simpatisan yang besarnya tidak ditentukan dan yang bersifat tidak mengikat.

Lima :

Hasil kentungan kerja yang diselenggarakan oleh Scooter Mania Club Kalimantan Barat (SMACK-MC) yang besarnya 10% dari hasil keuntungan kerja yang dimaksud.

Eman :

Uang daftar ulang para Smacker’s setiap tahunnya yang ditentukan didalam Anggaran Rumah Tangga SMACK-MC.

Pasal 15

Cara Pemungutan Keuangan

Setiap jenis penerimaan keuangan diatur dan ditetapkan dalam Anggaran Rumah Tangga Scooter Mania Club Kaliamantan Barat (SMACK-MC).

Pasal 16

Pengeluaran Keuangan

Setiap jenis pengeluaran keuangan SMACK-MC harus dicatat dalam suatu system pembukuan yang umum dan dapat dengan mudah dimengerti oleh seluruh anggota, buku-buku tersebut harus ditutup pada tanggal 31 Desember setiap tahunya. Dan seluruh keuangan SMACK-MC ini wajb untuk dipertanggungjawabkan oleh pengurus yang kemudian disampaikan kepada seluruh anggota dan dalam bentuk laporan pertanggungjawaban pengurus SMACK-MC.

BAB V

Pemberitahuan Anggota dan pelepsan Hak Anggota yang berhenti

Pasal 18

Pemberhentian Anggota

Anggota dinyatakan berhenti apabila :

  1. Atas permintaan sendiri dengan mengajukan permohonan tertulis dan dapat diterima kembali apabila yang bersangkutan memenuhi ketentuan yang berlaku di Organisasi SMACK-MC.
  2. Meninggal Dunia.
  3. Anggota yang tidak mentaati ketentuan yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Pasal 19

Pelepasan Hak Anggota yang berhenti

Hak Anggota yang berhenti adalah :

  1. Bagi mereka yang mengajukan permohonan berhenti, maka hak-hak mereka menjadi dan menjadi milik Organisasi SMACK-MC yang selanjutnya diamalkan.
  2. Bagi mereka yang keluar tanpa mengajukan permohonan dan yang tidak mentaati ketentuan Organisasi SMACK-MC maka secara tidak langsung mereka dianggap sudah keluar dan tidak memiliki hak apapun didalam Organisasi SMACK-MC.

BAB VI

Pasal 20

Penutup

Pembuatan Anggaran Dasar dan Anggran Rumah Tangga

Pembuatan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga beserta perubahan-perubahan disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat ini. Dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam pengembangan tugas juga untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Scooter Mania club Kalimantan Barat (SMACK-MC).

Pasal 21

Lain-Lain

Mengenai hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar akan diatur lebih lanjut didalam Anggota Rumah Tangga Scooter Mania club Kalimantan Barat (SMACK-MC).

Pasal 22

Berlakunya Anggran Dasar

Anggaran Dasar ini berlaku sejak ditetapkan pada tanggal disahkannya. Dengan berlakunya Anggaran Dasar ini maka Anggaran Dasar yang lalu dinyatakan tidak berlaku lagi di Organisasi SAMCK-MC.

Ditetapkan dan disahkan pada rapat anggota yang diadakan tanggal 31 Januari 2010.

Organisasi Scooter Mania Club Kalimantan Barat

Ketua Umum Periode 2010 – 2011

Sofyan Toro, EA

001.08111973



 
%d blogger menyukai ini: